•   18 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Kota Yogyakarta terus menyajikan kuliner baru yang menarik untuk dinikmati. Tim Brilio.net akan mengajak kamu ke kedai minuman unik dan nyeleneh yang terletak di Kotagede, Yogyakarta. Diprakarsai pemuda asli Yogyakarta, kedai yang mulai beroperasi awal 2021 ini diberi nama Boba Cok.

    Berbeda halnya dengan tempat lain yang menyediakan boba buat topping susu maupun cokelat. Di sini, boba dipakai sebagai pelengkap jamu. Jamu tradisional dipadukan boba yang kenyal membuat sensasinya tidak dapat dilupakan. Boba Cok menyediakan beragam varian boba jamu. Ada pula varian boba lain yang bisa kamu nikmati.

    Kreasi boba ini pun mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Karena keunikannya, puluhan gelas dapat habis terjual dalam sehari. Tak sedikit pelanggan dari luar kota penasaran dengan minuman ini. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan bersahabat bagi dompet mahasiswa, yang pastinya tidak membuat kantong jebol.

     

    Penasaran dengan racikan minuman boba jamu itu seperti apa? yuk langsung simak video selengkapnya!

    See more..
  •   14 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Salah satu wilayah di Yogyakarta yang kaya akan kuliner tradisional adalah Bantul. Tim Brilio.net akan mengajak kamu ke salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal dan legendaris dari Bantul, yakni Warung Sambal Belut Pak Sabar. Beralamat di jalan Imogiri Barat km 6, Dusun Dokaran,Tamanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Pak Sabar mulai membuka usahanya sejak 90-an.

    Pelanggan tidak habis-habisnya mengunjungi tempat makan yang satu ini. Cita rasa tradisional dan otentik menjadi daya tarik tersendiri. Beragam olahan belut milik Pak Sabar sukses memikat para pesohor negeri, menteri sampai jenderal untuk datang dan mencicipinya. 

    Warung ini bisa menghabiskan ratusan kilogram belut dalam sehari. Pelanggan yang datang pun harus antri sampai 1 jam jika warung dalam keadaan ramai. Namun jangan khawatir tidak mendapat tempat duduk karena tempatnya luas dan besar, mampu menampung ratusan orang. Tempat makan ini bisa jadi alternatif saat kamu berkunjung ke Yogyakarta bersama keluarga. 

     

    Penasaran akan olahan sambal belut di warung makan satu ini? yuk langsung simak video lengkapnya!



    See more..
  •   11 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Menjelang libur Idul Fitri apakah kamu sudah punya rencana liburan kemana? Tim Brilio.net punya referensi buat kamu, tempat makan sekaligus seolah mengajak berlibur ke Negeri Ginseng, Korea Selatan. Restoran yang sudah ada di Yogyakarta sejak akhir 2018 ini bernama Chingu Cafe. Restoran ini biasanya ramai pengunjung pada akhir pekan. Banyak pengunjungnya dari pencinta K-pop maupun K-drama.

    Restoran ini memiliki 3 cabang tersebar di Bandung dan Yogyakarta. Mengusung nuansa Korea, Chingu cafe menghadirkan berbagai spot foto menarik yang pastinya Instagramble abis. Kamu bakal merasa sedang jalan-jalan di serial drama Korea.

     Harga menu di Chingu Cafe cukup bersahabat dan terjangkau. Tersedia berbagai jenis makanan Korea mulai dari snack, Korean noodle, Korean rice, Korean BBQ, dan masih banyak lagi lainnya. Selain tempatnya yang hits, cita rasa makanannya yang otentik bakal membuatmu ingin balik lagi. 

     

    Penasaran kan Chingu Cafe Jogja seperti apa ? yuk langsung simak video selengkapnya!

     

    See more..
  •   07 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Bukber atau buka bersama menjadi tradisi wajib dilakukan saat Ramadan.  Beragam menu buka bersama  bisa menjadi pilihan. Nah, kali ini tim brilio.net akan mengajak kamu menikmati menu masakan Timur Tengah dengan cita rasa yang otentik, layaknya di negara asalnya. Warung yang diberi nama Rumah Kuliner Ateeya ini dikenal dengan konsep masakan Timur Tengahnya.

    Terletak di Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, warung ini telah beroperasi sejak 2019 lalu. Nggak usah ragu soal rasanya,  pasalnya sang pemilik warung sudah punya pengalaman sebagai belasan tahun bekerja sebagai TKI di Dubai dan Abu Dhabi. Pengalaman kerja tersebut lah yang kemudian ia terapkan dalam membuka usaha kulinernya.  

    Dengan cita rasa otentik, banyak pelanggannya datang dari luar negeri maupun lokal. Mahasiswa pertukaran dari Arab, Mesir, Pakistan dan Libya jadi langganan. Dari pesan mulut ke mulut membuat warung ini terkenal sampai saat ini. Memiliki banyak ragam jenis menu, harga yang ditawarkan pun tergolong terjangkau. Nggak bakal kantong jebol pokoknya. 

    Dengan tempat duduk yang terbatas, kamu akan mengantri cukup lama jika warung dalam posisi ramai. Namun semua itu terbayarkan dengan sajian yang dihidangkan. Dijamin bikin puas dan kenyang. Kamu pun akan dilayani langsung oleh pemiliknya yang ramah. Jadi buruan pecinta kuliner, ratusan porsi dapat habis dalam hitungan jam saja. Jangan lupa reservasi atau datang lebih awal ya. 

    Tertarik dengan tempat makan Timur Tengah satu ini?  Untuk informasi lebih lengkap  yuk langsung simak video selengkapnya!

    See more..
  •   04 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Tim Brilio.net kali ini akan mengajak kamu ke restoran nya para traveller yang terletak di kampung bule Prawirotaman,Yogyakarta. Restoran yang diberi nama Via via ini berasal dari Belgia. Beroperasi sejak 1995, Via Via sudah punya cabang di berbagai negara. Di Indonesia, Via Via Jogja merupakan cabang kedua dan satu-satunya di Tanah Air. Menyuguhkan menu sehat dari berbagai negara di dunia, restoran ini jadi serbuan para wisatawan luar negeri dan lokal. Para selebriti Tanah Air yang berkunjung ke Yogyakarta juga nggak ketinggalan singgah ke Via Via. 

    Memiliki menu luar negeri dengan cita rasa otentik seperti negara asalnya jadi ciri khas restoran satu ini. Tak hanya menu masakan luar negeri, masakan Indonesia juga ada di sini. Restoran ini juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan cita rasa dan kebudayaan Indonesia terhadap wisatawan luar negeri. Tak hanya itu, Via Via Jogja juga memberi ruang bagi seniman lokal Jogja untuk menghadirkan pameran setiap bulannya. Terdiri dari dua lantai dengan konsep minimalis dan artistik membuat pelanggan menjadi nyaman. Pengunjung juga dimanjakan dengan karya seni yang terpajang di dinding restoran. Harga yang ditawarkan pun tergolong ramah di kantong. Via Via Jogja bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk berkumpul bersama teman-teman dan keluarga.

    Penasaran kan Via Via Resto ini seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

    See more..
  •   30 April 2021 16:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Tim Brilio.net kali ini akan mengajak kamu ke warmindo yang terletak di Condong Catur, Sleman, Yogyakarta. Di Yogyakarta kehadiran warmindo sudah sangat menjamur, terutama di sekitar kampus. Warmindo atau yang biasa dikenal Burjo ini merupakan tempat makan andalan bagi mahasiswa perantauan. Namun warmindo yang satu ini berbeda, di kemas minimalis seperti cafe dan memiliki menu berbeda pada umumnya. Warmindo yang diberi nama ‘Burjo Bar’ ini merupakan usaha baru dari aktor Arya Saloka yang tenar melalui perannya sebagai Aldebaran di sinetron Ikatan Cinta.  Nggak sendirian, bisnis kuliner ini dijalankan Arya Saloka bersama temannya, Yuda Fajrin dan Ghobank. 

    Warmindo yang baru dibuka 12 maret 2021 ini mendapatkan tanggapan positif terhadap pelanggannya. Pelanggan dari luar kota pun menyempatkan berkunjung. Tempat kuliner ini kerap digunakan untuk berkumpul penggemar sinetron Ikatan Cinta dan fans Arya Saloka. Berlokasi di daerah yang tidak terlalu ramai membuat warmindo ini tenang, apalagi ditambah dengan tempatnya yang nyaman. Tempat ini bisa jadi pilihan bagi kamu sebagai tempat nongkrong bersama teman-teman. Harga yang dipatok di tempat ini pun relatif murah dan terjangkau bagi kantong mahasiswa.

    Penasaran kan Warmindo dari Arya Saloka ini seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

    See more..
  •   27 April 2021 16:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Tim Brilio.net  kali ini akan mengajak kamu ke tempat nongkrong yang asyik dengan pemandangan hamparan sawah hijau. Tempat ini menjadi destinasi wisata bagi keluarga maupun kaum milenial untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Berjarak sekitar 45 menit dari pusat Kota Yogyakarta, tempat satu ini harus masuk ke dalam bucket list-mu jika berkunjung ke Yogyakarta. 

    Namanya Kopi Ampirono. Berada di perbatasan Girimulyo dan Nanggulan, Kulon Progo, tempat nongkrong satu ini memiliki konsep tradisional yang bercampur dengan modern. Dapat dilihat dari bangunannya yang mengusung konsep joglo namun ditata dengan demikian rupa layaknya cafe kekinian, membuat kamu akan betah berlama-lama di tempat ini.

    Terdapat banyak spot tempat duduk yang bisa kamu pilih di sini.  Tempatnya pun Instagramable banget. Jika kamu berkunjung ke Kopi Ampirono sore hari, kamu bisa menikmati indahnya matahari tenggelam di antara perbukitan. Kopi Ampirono dibangun di area persawahan. Suasana tempatnya begitu alami, sejuk dan cukup sulit ditemui di perkotaan. Jangan khawatir soal  harga, makanan dan minumannya sangat terjangkau. Kamu tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Makanan dan minuman nya pun sangatlah beragam yang pasti nya akan cocok bagi kamu untuk berkumpul bersama keluarga maupun bersama teman-teman. 

     

    Penasaran kan Kopi Ampirono seperti apa? yuk langsung simak video lengkapnya!



    See more..
  •   23 April 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio

    Siapa yang nggak suka dengan kesegaran es buah? Es buah menjadi menu wajib yang biasa disajikan saat berbuka. Ngomongin soal es buah, di Yogyakarta ada tempat es buah yang hits banget. Berada di Jalan Pakuningratan, kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan Es Buah PK bukan? Sudah ada sejak 1980-an, es buah milik Pak Karmiyo ini sudah jadi kuliner legendaris yang sukses membuat para pelanggan rindu balik lagi. Sebelum menetap di lokasi  sekarang, Pak Karmiyo mengawali jualannya dengan gerobak keliling di sekitar Pasar Kranggan pada 1976. Nama es buahnya didapatkan Pak Karmiyo secara tak sengaja dari salah satu pelanggannya.

    Rasa es buahnya yang otentik dan konsisten membuat pelanggannya tidak berpaling ke yang lain. Isian dan sirup dari es buah ini menjadi ciri khas dan berbeda dari yang lain. Selain Es buah yang segar, menu bakso sapi menjadi andalan di warung ini. Adonan bakso yang kenyal dan padat bertambah nikmat bersama kuah kaldu yang gurih. Nggak pakai mahal, satu porsi es buah dan semangkok bakso dibanderol murah meriah. Nggak hanya jadi primadona bagi penikmat bakso dan es buah di Yogyakarta, ketenaran Es Buah PK bahkan sudah sampai luar kota.  Saking larisnya,  Bakso dan Es Buah PK terjual hingga ratusan porsi setiap harinya. 

    Penasaran kan es buah PK itu seperti apa? Yuk langsung simak video lengkap nya.

     

    See more..
  •   20 April 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

     Ada yang tahu makanan tahu guling? Eitss.. jangan dibayangkan seperti kambing guling di acara resepsi pernikahan itu ya. Tahu guling menjadi makanan khas di Yogyakarta. Makanan ini mirip dengan kupat tahu di beberapa daerah. Tahu guling biasa dijual di warung-warung pinggir jalan maupun di dalam pasar. Salah satu tempat makan tahu guling legendaris di Yogyakarta, terletak di dalam Pasar Godean. Meski sederhana, tapi tahu guling yang satu ini jadi salah satu kudapan favorit Presiden Kedua Indonesia, Soeharto. Tahu Guling Mbak Joyo namanya. 

    Warung yang berada di los pasar dekat dengan pintu belakang Pasar Godean ini sudah berjualan sejak zaman Jepang, lho.  Melanjutkan usaha dari orang tua nya, Mbah Joyo sudah berjualan tahu guling selama 35 tahun. Resep olahan tahu guling pun ia dapatkan dari orangtuanya. Tahu guling Mbah Joyo dulu pernah dihidangkan untuk acara pemerintahan maupun acara pribadi milik Pak Soeharto.

    “Terus kesana sudah 12 kali, tidak cuma sekali itu saja mas, acara tingkeban (syukuran kehamilan), dan acara mantu, acara mantu itu Mas Tommy saya disana sampai seminggu, yang pertama itu di Cendana, yang lainnya di Taman Mini.” tutur Mbah Joyo.

    Dalam seporsi tahu guling Mbah Joyo berisikan ketupat, kubis, tauge, tahu, tempe, bawang goreng, kerupuk.  Kuahnya yang jadi pelengkap terbuat dari gula merah dan kecap asin. Rasanya yang gurih, manis dan pastinya lezat membuat pelanggannya selalu datang lagi. Nggak pakai mahal, satu porsi tahu guling racikan Mbah Joyo dibanderol murah meriah. Jadi buruan pecinta kuliner, tahu guling Mbah Joyo laris manis hingga ratusan porsi. 

    Penasaran kan tahu guling dalam pasar yang dijual Mbah Joyo seperti apa? Yuk langsung simak video nya.

    See more..
  •   16 April 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Ada yang tahu ikan beong?  Ikan beong merupakan ikan khas yang dapat ditemukan di sungai besar termasuk Sungai Progo. Olahan ikan ini menjadi khas di daerah sekitar Sungai Progo sepanjang Borobudur, Magelang sampai Kulon Progo. Ikan beong menyerupai ikan lele memiliki kumis namun bentuk kepala dan dagingnya berbeda. Tim brilio.net berkesempatan untuk mengulik olahan ikan beong di warung Mbah Juri. 

    Warung Mbah Juri berada di kawasan Sendangsono, Kulonprogo. Warung yang sudah berdiri sejak 2008 ini memiliki olahan seperti mangut beong, mangut wader duri lunak, ayam terik, sayur lompong, dan gudeg. Semua masakan yang ia olah masih menggunakan teknik tradisional. Ia masih menggunakan tungku kayu bakar untuk memasak demi mempertahankan cita rasa masakannya. Resep olahan mangut ia dapatkan dari orangtuanya. Olahan ikan beong menjadi favorit di warungnya. Mangut ikan beong dihargai Rp.75.000/ per porsi sudah dengan nasi yang bisa kamu ambil sepuasnya jika makan di tempat. Harga untuk seporsi mangut beong memang tergolong cukup mahal ketimbang ikan air tawar lainnya, namun harus kamu tahu untuk mendapatkan ikan ini sangatlah sulit.

    Mbah Juri mendapatkan ikan beong dari pengepul di daerah Borobudur. Ia harus menunggu lima hari sampai seminggu untuk mendapatkan ikan beong. Ikan beong tidak ada yang membudidaya maka harus langsung di ambil di sungai. Karena sulitnya dalam mencari dan peminatnya banyak membuat ikan ini menjadi mahal. Warung Mbah Juri sudah dikenal sampai luar Jawa, bahkan pelanggannya ada dari Kalimantan dan Maluku. Warungnya buka dari jam 6 pagi hingga jam 18.00.  

     

    Penasarankan olahan ikan beong di warung Mbah Juri seperti apa? Yuk langsung simak video lengkapnya. 

    See more..
  •   13 April 2021 16:30

    Hallo kawan Brilio! Ada yang suka dengan Dawet? Dawet merupakan sajian khas indonesia yang biasa disajikan dengan es. Namun dawet yang satu ini berbeda dengan yang lain. Menu khas dari perbukitan Menoreh ini menggunakan sambal untuk menikmatinya. Dawet sambal Nyi Ponirah namanya. Dawet sambal Nyi Ponirah menjadi pionir sambal dawet di daerah setempat dan menjadi destinasi wisata kuliner di daerah Girimulyo, Kulonprogo.

    Berawal dari ajakan sang kakak, Nyi Ponirah kini sudah 56 tahun berjualan dawet sambal. Dari ingin coba-coba meracik dawetnya agar berbeda, kini sajian ini sudah dikenal sampai luar kota dan dapat menjual puluhan sampai ratusan porsi seharinya. Dawetnya juga biasa dihidangkan di acara resmi pemerintahan setempat.

    Keunikan lain yang menjadi ciri khas pada dawet sambal Nyi Ponirah pada bahan baku pembuat cendolnya, yang biasanya cendol menggunakan tepung beras namun di dawet sambal Nyi Ponirah ini menggunakan sari pati umbi tanaman ganyong yang ia dapatkan di sekitar rumahnya. Harga yang di tawarkan pun cukup murah, untuk satu porsi dawet sambal ini hanya dihargai Rp 4 ribu. Dawet sambal memiliki cita rasa manis, gurih dan sedikit pedas. Pembeli dapat membeli langsung kerumah maupun di pasar Cublak setiap Rabu dan Sabtu.

    Tertarik untuk mencoba makanan khas perbukitan menoreh ini? Yuk langsung simak video lengkapnya.

    See more..
  •   21 November 2020 09:00

    Sektor pariwisata mengalami kelesuan selama pandemi. Hal itu lantaran banyak pelancong yang membatalkan rencana liburan mereka. Di tambah pemberhentian sementara bagi kegiatan yang terkait pariwisata, membuat sejumlah pengelola tidak dapat berkutik.

    Nah, memasuki era normal yang baru kini sektor pariwisata sudah mulai dibuka kembali. Beberapa tempat sudah diizinkan untuk beroperasi. Para pelaku pariwisata pun telah melakukan sejumlah persiapan untuk melayani para pengunjung.

    Wisata Tebing Breksi yang terletak di Desa Lengkong, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta pun memulai langkah barunya di masa pandemi ini. Sejak penutupan hingga saat ini, pengelola Tebing Breksi mengupayakan usaha mereka untuk bertahan. Seperti apa kiat dari Wisata Tebing Breksi untuk bertahan di kala pandemi?

    Yuk simak selengkapnya dalam wawancara eksklusif Brilio.net dengan Ketua Pengelola Tebing Breksi berikut ini.

    See more..
  •   17 November 2020 14:00

    Desa Wisata Kasongan selalu menjadi jujugan para wisatawan untuk mencari pernak-pernik kerajinan gerabah.
    Masa pandemi Covid-19 ini menjadi berkah tersendiri bagi para perajin gerabah. Hasil produksi mulai dari wastafel, padasan hingga pot laris diburu masyarakat. Salah satunya dirasakan perajin gerabah,  Dicky Bisma Saputra yang produksinya terus meningkat.
    Dalam sebulan Bisma mampu memproduksi hingga 3.000 pot. Selain itu, Ia juga dapat menjual potnya sampai 100 pot per hari.
    Seperti apa usaha kerajinan gerabah Bisma saat pandemi? Simak video Brilio berikut ini ya.

    See more..
  •   01 November 2020 10:00

    Setelah menikah dengan Nikita Willy, kehidupan pribadi Indra Priawan semakin jadi sorotan publik. Selain latar belakangnya sebagai generasi ketiga penerus Blue Bird Group, sosok sang ibu yang bernama Karlina Damiri juga belakangan ini jadi sorotan publik.

    Bukan orang biasa, ibu mertua Nikita Willy ini punya latar belakang yang nggak kalah mentereng. Berstatus sebagai menantu pendiri Blue Bird, Karlina ternyata juga punya karier yang cemerlang. Penasaran seperti apa sosok ibu mertua Nikita Willy? Simak deretan faktanya lewat video Brilio ini ya!

    See more..
  •   29 October 2020 08:00

    Dunia mixed martial arts (MMA) dihebohkan dengan keputusan Khabib Nurmagomedov yang mengumumkan pensiun usai meraih gelar juara dunia kelas ringan UFC ketiganya pada Minggu (25/10). Khabib berhasil mempertahankan gelarnya setelah menang atas Justin Gaethje.

    Di atas arena pertandingan, Khabib menyampaikan bahwa pertandingan tersebut menjadi yang terakhir bagi kariernya. Ia memilih untuk pensiun dini di usia 32 tahun demi janjinya kepada sang ibu. Memutuskan pensiun, petarung asal Rusia ini mencatatkan rekor gemilang dengan 29 kali kemenangan tanpa terkalahkan.

    Keberhasilannya di panggung MMA yang moncer tak lepas dari kerja kerasnya sejak kecil. Petarung berjuluk The Eagles ini sudah hidup disiplin hasil tempaan sang ayah sejak ia berusia lima tahun.

    Perjalanan karier dan kisah hidupnya menjadi bukti kalau Khabib memang layak mendapat julukan sebagai salah satu petarung terbaik di dunia. Seperti apa kisah hidup yang mewarnai perjalan karier khabib? Simak ulasan lengkapnya di video Brilio ini ya.

    See more..
TOP