•   16 July 2021 17:00

    Hallo sobat Brilio,

    Hari Raya Idul Adha kerap dirayakan dengan mengkonsumsi daging kurban. Namun pasti ada saja daging yang tersisa dan lalu disimpan di freezer. Namun tahukah kamu bila daging yang disimpan terlalu lama bisa berbahaya?  Apalagi cara penyimpanannya tidak benar, dapat menyebabkan daging tak segar, tidak lagi bisa dikonsumsi lagi, dan menjadi tempat tinggal bakteri.

    Lantas gimana sih cara menyimpan daging kurban yang benar? Simak ulasan lengkapnya di video Brilio ini ya~

    See more..
  •   13 July 2021 19:00

    Hallo Sobat Brilio, 

    Pandemi yang terjadi berdampak kepada setiap orang dan membuat banyak orang memutar otak untuk memiliki penghasilan sampingan. Hal ini juga dilakukan seorang filmmaker asli Jogja, Fransis Magastowo. Berbekal dari pengalamannya membuat pizza dan belajar dari sosial media, akhirnya ia memutuskan untuk membuka tempat makan pizzanya sendiri. 

    Tempat makan pizzanya berada di sudut kabupaten Sleman, lebih tepatnya di Desa Banjarsari, Ngaglik. Kamu akan menemukan tempat makan pizza tersembunyi dengan suasana nyaman seperti di rumah sendiri. Dijamin bikin betah berlama-lama. Memiliki beragam menu olahan pizza otentik yang dapat kamu pilih, kamu juga bisa melihat proses pembuatannya langsung.

    Walau tidak memiliki papan nama, namun pelanggan yang datang tidak henti-hentinya berdatangan. Padahal, tempat pizza unik satu ini hanya buka dua hari dalam seminggu. Saking larisnya, sampai-sampai pelanggan harus memesan terlebih dulu untuk dapat menikmati pizza yang dijual di tempat ini. Pasalnya, pizza yang disediakan kerap sold out bahkan sebelum jam buka. 

    Penasaran kan olahan pizza di tempat ini seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

     

    See more..
  •   09 July 2021 16:00

    Hallo Sobat Brilio,

    Siapa yang tidak tahu ramen atau olahan mi khas Jepang? Yup, olahan mi yang identik disajikan dengan kuah dan beberapa topping tambahan ini nggak pernah gagal menggugah selera. Menjamurnya kedai yang menjual menu khas Jepang  di Indonesia membuat menu ini familiar oleh masyarakat lokal. Dari kedai yang ada di mal maupun di pinggir jalan memiliki varian ramen yang berbeda-beda. 

    Tapi kamu tahu nggak  kedai atau warung ramen pertama di Jogja?  Warung yang berada di sudut Kabupaten Sleman ini bernama Ramen Sapporo. Dimiliki oleh chef yang berpengalaman di hotel dan restoran Jepang selama belasan tahun. Jungkir      balik dalam menjalankan usahanya membuat warung ramen ini sempat berpindah-pindah tempat. Keramahan dari sang pemilik dan memiliki sajian ramen dengan rasa  otentik yang khas membuat pelanggannya tetap setia datang. 

    Walau kini menempati warung yang sederhana, namun kamu dapat menemukan banyak varian ramen yang dapat dipilih. Memiliki harga yang cukup terjangkau membuat warung ramen ini wajib kamu coba untuk destinasi wisata kuliner kamu. 

    Penasaran kan olahan mie khas jepang di Ramen Sapporo seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

    See more..
  •   06 July 2021 20:00

    Nama Adisurya Satriawan belakangan ini lagi banyak dibicarakan setelah video tutorial memasaknya viral di sosial media. Konten video yang sudah ditonton  jutaan orang ini melambungkan nama chef asli Yogyakarta ini.

    Video nya langsung viral karena pembawaan unik dan penggunaan guyonan khas di dalam videonya. Meski tampak asal dan ngawur, namun videonya mendapatkan tanggapan positif  masyarakat.  Chef profesional yang juga pemilik Cafe Ruang Tengah yang biasa disapa Adi ini langsung meraih popularitas tinggi. Sampai-sampai didatangi fansnya dari luar kota hanya untuk meminta foto.

    Meski namanya baru-baru ini terkenal, siapa sangka ia sudah lama malang melintang di dunia kuliner tepatnya di masak-memasak. Beberapa hotel dan restoran di Indonesia sudah ia jelajahi.

    Lalu seperti apa sih, perjalanan kariernya dan bagaimana ia membuat videonya bisa jadi viral? Simak wawancara eksklusif Brilio bersama Chef Adisurya di video ini ya

    See more..
  •   02 July 2021 15:00

    Hallo sobat Brilio, 

     

    Menghadirkan sesuatu yang unik dan berkesan menjadi cara menarik pelanggan untuk datang ke suatu warung makan. Tak lepas juga dari Pak Bayu yang membuka sebuah warung di utara Pasar Gentan, Sleman, Yogyakarta ini. Memulai meniti kariernya di bidang kuliner sejak 1982, Pak Bayu merintis kembali usaha ketiga nya ini. Menghadirkan sajian makanan dengan nama unik, yakni tulang dinosaurus, Warung Sop dan Sate Sapi Pak Bayu ini telah beroperasi sejak 2010. 

    Menu balung (tulang) dinosaurus dengan porsi nya yang besar jadi salah satu menu andalan yang bikin pelanggannya tercengang dan takjub. Menu ini pun bisa dimakan untuk 3 sampai 4 orang. Bukan dinosaurus dalam makna sesungguhnya, melainkan ukuran olahan daging sapinya yang disajikan dalam ukuran besar. Selain itu masih banyak menu-menu lain yang tak kalah luar biasa, seperti sop balung gajah dan sop sengkelnya yang bisa dinikmati pelanggan. Walau memiliki porsi yang besar, namun harga yang ditawarkan relatif terjangkau bagi masyarakat. Hal ini dilakukan sang pemilik agar menunya dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Apalagi dengan nuansa pedesaan yang disuguhkan menambah kesan menarik bagi pelanggan.

    Pada akhirnya, di  awal 2020 warungnya menjadi viral setelah wira-wiri menjadi topik pembicaraan di sosial media. Banyak pengunjung datang dari berbagai wilayah di Indonesia untuk menebus rasa penasaran. Tak tanggung-tanggung, ratusan porsi habis dalam sehari. Bagi kamu yang ingin datang pada jam makan siang ataupun waktu weekend dipastikan tidak dalam keadaan sangat lapar, karena kamu akan mengantre cukup lama untuk mendapatkan makanan. 

    Penasaran kan sajian tulang dinosaurus seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

    See more..
  •   29 June 2021 15:00

    Halo Kawan Brilio,

             Makan soto di tengah persawahan sambil lesehan mungkin sudah biasa. Namun bagaimana jika makan soto di dalam kolam ikan?  Yup, kamu bakal mendapatkan sensasi makan dengan kaki terendam sambill di terapi oleh ikan-ikan. Hal unik ini bisa kamu temukan di Warung Makan Soto Cokro Kembang. Warung soto yang telah beroperasi sejak 2019 ini terletak di Sawahan Lor, Ngemplak, Sleman. Konsep unik dan nyeleneh ini datang langsung dari pemiliknya yakni Susanto, seorang pensiunan pegawai kantor pos. Hal ini dilakukan Susanto untuk menarik para pelanggannya. 

    Dengan konsepnya yang unik, setelah 3 bulan dibuka warungnya menjadi viral dan banyak didatangi oleh para pengunjung. Banyak pengunjungnya datang dari luar kota menyempatkan hadir karena penasaran dengan tempatnya ini. Tambah uniknya lagi bangunan yang dipakai untuk kolamnya ini, dulunya merupakan kandang sapi.Tak hanya mengusung konsep yang unik, menu makanan yang disediakan juga menggugah selera. Ada berbagai macam menu yang dapat kamu pilih dengan harga yang terjangkau dan pastinya tidak membuat kantong jebol. Jadi kebayang nggak gimana rasanya makan sambill digelitikin ikan ikan?

     

    Penasaran kan Warung Soto Cokro Kembang seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

     

    See more..
  •   15 June 2021 16:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Tak habis-habisnya jika membahas kuliner di Klaten. Kali ini tim brilio.net akan mengajak kamu ke kampung roti yang berada di desa Jonggrangan, Klaten. Dinamakan kampung roti karena di dalamnya kamu bisa menemukan beberapa sentra pembuatan roti kering maupun basah di tempat ini. Marmer dan ubin yang biasanya jadi lantai rumah, tapi di lokasi ini  kamu bisa menemukan marmer dan ubin yang bisa dimakan. Salah satu toko legendaris yang menjual olahan kuliner ini yakni Toko Roti Ibu Basuki yang juga merupakan perintis kampung roti lho. Dengan cita rasa manis, roti unik ini jadi menu yang layak dimakan dan paling banyak dibeli. Nggak salah deh, kalau jadi kebanggaan warga Klaten. 

     

    Walaupun Toko Roti Ibu Basuki ini berada di dalam desa, namun pelanggan dari luar kota banyak berdatangan untuk memburu oleh-oleh.Toko roti ini pun sudah terkenal bagi masyarakat Klaten. Olahan roti di tempat ini mempunyai ciri khas yang dapat dikenali bagi mereka pelanggan setianya. Berbeda dari yang lain, olahan roti di tempat ini merupakan hasil uji coba dari pemiliknya sendiri. Dijual dengan harga yang relatif terjangkau, namun bahan baku yang dipakai menggunakan bahan-bahan premium. Kualitas bahan baku pun selalu diperhatikan sendiri oleh pemiliknya. Untuk menambah jaringan pasar dan pelanggan, toko ini pun telah memiliki 6 cabang yang tersebar di Klaten. Sebelum pandemi toko roti ini bisa menjual hingga ratusan sampai ribuan dus roti per hari. 

     

    Penasaran kan olahan roti di toko roti ibu Basuki seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

     

    See more..
  •   11 June 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Klaten sejak lama dikenal sebagai surganya penggemar olahan daging bebek. Di kabupaten yang berbatasan dengan Yogyakarta ini banyak ditemukan tempat makan menjual olahan daging bebek. Salah satu yang berjualan olahan bebek yakni Warung Makan Bu Heri.

    Berada di Wedi, Klaten, warung makan yang berjualan sejak 1980-an ini menyajikan soto menggunakan daging bebek dan olahan daging bebek yang lain. Tidak seperti soto ayam ataupun sapi, soto bebek tidak akan dengan mudah kamu temukan di daerah lain.

    Memiliki resep turun temurun membuat sajian di warung ini selalu diburu penikmatnya.  Apalagi waktu liburan, tak tanggung-tanggung warung yang memiliki 2 cabang ini bisa menghabiskan ratusan ekor bebek per harinya.

    Penasaran kan sajian soto bebek di Warung Soto Bebek Bu Heri seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

     

    See more..
  •   08 June 2021 16:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Ada camilan yang unik di Delanggu, Klaten. Camilan ini hanya bisa kamu temukan di daerah ini saja lho, namanya lompya duleg. Berbeda dari lumpia Semarang dengan kulit yang kering, lompya duleg berbentuk kecil dan kenyal. Sudah jadi sejak 1950-an, lompya duleg jadi makanan khas Delanggu yang biasa dijajakan di pinggir jalan atau saat pertunjukkan daerah. 

    Desa Gatak, Delanggu, Klaten menjadi sentra pembuatan lompya duleg. Hampir setiap rumah di desa ini merupakan pengrajin lompya duleg lho. Nggak salah, kalau pada 2018 didirikanlah paguyuban lompya duleg di desa ini. Sebagai warisan sejarah, lompya duleg kini sudah mencapai ke generasi ketiga.

     Lompya duleg dipasarkan di sekitaran Kota Klaten dan dibandrol dengan harga yang sangat terjangkau. Jajanan satu ini diminati dari berbagai kalangan, bahkan pelanggan dari luar kota membawanya sebagai oleh-oleh.

    Penasarankan lompya duleg seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

    See more..
  •   01 June 2021 16:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Soto merupakan makanan khas indonesia yang biasa disajikan menggunakan kuah, baik itu kuah bersantan maupun bening. Namun berbeda dengan di Klaten dan Boyolali, Jawa Tengah, kamu akan menemukan beragam jenis soto, salah satunya  soto kering. Yup, kamu akan menemukan soto tanpa didampingi oleh kuah. 

     Salah satu warung soto kering legendaris di Klaten yakni Warung Soto Bu Yati, berada di dalam gang sebelah selatan Pasar Delanggu, Klaten. Warung yang kini telah dipegang generasi kedua ini sudah beroperasi sejak 1973. Warung ini tak hanya menjual soto kering namun soto kuah juga. Namun permintaan terhadap soto kering lebih banyak dibanding soto kuahnya. 

    Rasa yang sederhana namun unik ini menjadi daya tarik pelanggan untuk mencicipinya. Tak sedikit pelanggan dari luar kota singgah untuk mencicipi kenikmatan soto kering ini. Apalagi dibandrol dengan harga yang terjangkau menjadi buruan pecinta kuliner.

    Penasaran kan sajian soto kering di Warung Soto Bu Yati seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!



    See more..
  •   25 May 2021 16:00

    Hallo kawan Brilio, 

     

    Kabupaten Klaten, Jawa tengah menghadirkan beragam wisata kuliner yang ditawarkan. Dari camilan sampai makanan berat pun ada lengkap tersaji. Kali ini Tim Brilio.net akan mengajak ke tempat makan yang legendaris dan terkenal oleh olahan daging kambingnya. Berada di selatan Pasar Wedi, Klaten, warung yang telah beroperasi sejak 90-an ini diberi nama Warung Sate Kambing Tali Roso.

    Memiliki ciri khas porsi sate yang tidak biasa membuat daya tarik pelanggan untuk mendatanginya. Lebih dikenal dengan kuliner “sate brutal”, sate ini punya ciri khas lewat cara penyajiannya. Satu porsi sate kambing disajikan dengan cara ditusuk jeruji besi sepanjang 30 cm. Olahan daging kambing Pak Tri ini pun sukses memikat  kalangan dari dalam maupun luar kota. Sampai para pejabat pemerintahan menjadi langganannya. Mempunyai racikan bumbu yang pas dan membuat daging kambing tidak berbau tajam menjadi keistimewaan lain di warung ini.

    Antrian pembeli sampai mengular di luar warung karena tempat duduk yang terbatas. Warung ini selalu ramai diburu pecinta kuliner dari awal buka sampai tutup, bahkan pelanggan sudah antri sebelum warung ini buka dan dagangannya habis sebelum jam tutup. Jadi pastikan kamu datang lebih awal untuk bisa mencicipi kuliner satu ini.


    Penasaran kan menu sate kambing di Warung Sate Kambing Tali Roso seperti apa, yuk langsung simak video lengkapnya!

    See more..
  •   18 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Kota Yogyakarta terus menyajikan kuliner baru yang menarik untuk dinikmati. Tim Brilio.net akan mengajak kamu ke kedai minuman unik dan nyeleneh yang terletak di Kotagede, Yogyakarta. Diprakarsai pemuda asli Yogyakarta, kedai yang mulai beroperasi awal 2021 ini diberi nama Boba Cok.

    Berbeda halnya dengan tempat lain yang menyediakan boba buat topping susu maupun cokelat. Di sini, boba dipakai sebagai pelengkap jamu. Jamu tradisional dipadukan boba yang kenyal membuat sensasinya tidak dapat dilupakan. Boba Cok menyediakan beragam varian boba jamu. Ada pula varian boba lain yang bisa kamu nikmati.

    Kreasi boba ini pun mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Karena keunikannya, puluhan gelas dapat habis terjual dalam sehari. Tak sedikit pelanggan dari luar kota penasaran dengan minuman ini. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau dan bersahabat bagi dompet mahasiswa, yang pastinya tidak membuat kantong jebol.

     

    Penasaran dengan racikan minuman boba jamu itu seperti apa? yuk langsung simak video selengkapnya!

    See more..
  •   14 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Salah satu wilayah di Yogyakarta yang kaya akan kuliner tradisional adalah Bantul. Tim Brilio.net akan mengajak kamu ke salah satu tempat kuliner yang cukup terkenal dan legendaris dari Bantul, yakni Warung Sambal Belut Pak Sabar. Beralamat di jalan Imogiri Barat km 6, Dusun Dokaran,Tamanan, Banguntapan, Kabupaten Bantul, Pak Sabar mulai membuka usahanya sejak 90-an.

    Pelanggan tidak habis-habisnya mengunjungi tempat makan yang satu ini. Cita rasa tradisional dan otentik menjadi daya tarik tersendiri. Beragam olahan belut milik Pak Sabar sukses memikat para pesohor negeri, menteri sampai jenderal untuk datang dan mencicipinya. 

    Warung ini bisa menghabiskan ratusan kilogram belut dalam sehari. Pelanggan yang datang pun harus antri sampai 1 jam jika warung dalam keadaan ramai. Namun jangan khawatir tidak mendapat tempat duduk karena tempatnya luas dan besar, mampu menampung ratusan orang. Tempat makan ini bisa jadi alternatif saat kamu berkunjung ke Yogyakarta bersama keluarga. 

     

    Penasaran akan olahan sambal belut di warung makan satu ini? yuk langsung simak video lengkapnya!



    See more..
  •   11 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Menjelang libur Idul Fitri apakah kamu sudah punya rencana liburan kemana? Tim Brilio.net punya referensi buat kamu, tempat makan sekaligus seolah mengajak berlibur ke Negeri Ginseng, Korea Selatan. Restoran yang sudah ada di Yogyakarta sejak akhir 2018 ini bernama Chingu Cafe. Restoran ini biasanya ramai pengunjung pada akhir pekan. Banyak pengunjungnya dari pencinta K-pop maupun K-drama.

    Restoran ini memiliki 3 cabang tersebar di Bandung dan Yogyakarta. Mengusung nuansa Korea, Chingu cafe menghadirkan berbagai spot foto menarik yang pastinya Instagramble abis. Kamu bakal merasa sedang jalan-jalan di serial drama Korea.

     Harga menu di Chingu Cafe cukup bersahabat dan terjangkau. Tersedia berbagai jenis makanan Korea mulai dari snack, Korean noodle, Korean rice, Korean BBQ, dan masih banyak lagi lainnya. Selain tempatnya yang hits, cita rasa makanannya yang otentik bakal membuatmu ingin balik lagi. 

     

    Penasaran kan Chingu Cafe Jogja seperti apa ? yuk langsung simak video selengkapnya!

     

    See more..
  •   07 May 2021 15:00

    Hallo kawan Brilio, 

    Bukber atau buka bersama menjadi tradisi wajib dilakukan saat Ramadan.  Beragam menu buka bersama  bisa menjadi pilihan. Nah, kali ini tim brilio.net akan mengajak kamu menikmati menu masakan Timur Tengah dengan cita rasa yang otentik, layaknya di negara asalnya. Warung yang diberi nama Rumah Kuliner Ateeya ini dikenal dengan konsep masakan Timur Tengahnya.

    Terletak di Condongcatur, Sleman, Yogyakarta, warung ini telah beroperasi sejak 2019 lalu. Nggak usah ragu soal rasanya,  pasalnya sang pemilik warung sudah punya pengalaman sebagai belasan tahun bekerja sebagai TKI di Dubai dan Abu Dhabi. Pengalaman kerja tersebut lah yang kemudian ia terapkan dalam membuka usaha kulinernya.  

    Dengan cita rasa otentik, banyak pelanggannya datang dari luar negeri maupun lokal. Mahasiswa pertukaran dari Arab, Mesir, Pakistan dan Libya jadi langganan. Dari pesan mulut ke mulut membuat warung ini terkenal sampai saat ini. Memiliki banyak ragam jenis menu, harga yang ditawarkan pun tergolong terjangkau. Nggak bakal kantong jebol pokoknya. 

    Dengan tempat duduk yang terbatas, kamu akan mengantri cukup lama jika warung dalam posisi ramai. Namun semua itu terbayarkan dengan sajian yang dihidangkan. Dijamin bikin puas dan kenyang. Kamu pun akan dilayani langsung oleh pemiliknya yang ramah. Jadi buruan pecinta kuliner, ratusan porsi dapat habis dalam hitungan jam saja. Jangan lupa reservasi atau datang lebih awal ya. 

    Tertarik dengan tempat makan Timur Tengah satu ini?  Untuk informasi lebih lengkap  yuk langsung simak video selengkapnya!

    See more..
TOP